Forester FunHike 3.0 Edisi Sumpah Pemuda, Diwarnai Peristiwa Kebakaran di Merbabu

Forester FunHike volume 3 diselenggarakan pada tanggal 27-29 Oktober 2023. Tujuan dari FunHike kali ini adalah pengibaran dan pembacaan teks sumpah pemuda di gunung Merbabu via selo. Sekitar 50 orang peserta berpartisipasi dalam acara ini.

Pagi itu , di tanggal 27 Oktober 2023, tim dari Forester Adventure berangkat dari Bandung dengan harapan bisa sampai di base camp pendakian Selo pada sore hari. Sekitar pukul 14.44 WIB tim Forester Adventure sampai di gerbang tol Salatiga darisitu  kita bisa melihat gunung Merbabu dari kejauhan. Saat melintasi gerbang tol, tim sudah bersiap untuk mengambil video gunung Merbabu namun tidak di sangka ternyata terlihat asap dari tempat kami berada, di situ kami baru menyadari bahwa di gunung Merbabu terjadi kebakaran, namun kami tidak tahu secara pasti letak titik api itu berada. Melihat dari jalurnya kami kira titik api tersebut berada jauh dari jalur pendakian Selo. Kami pun melanjutkan perjalanan dengan berfikir positif bahwa api tidak akan sampai ke jalur pendakian yang kami tuju.

Pukul 17.00 WIB tim Forester Adventure sampai di base camp pendakian gunung Merbabu via selo. Kami di arahkan oleh pihak trekking organizer untuk beristirahat di base camp kang Tisna yang berjarak dekat dengan pintu gerbang pendakian gunung Merbabu via Selo. Kami pun beristirahat sambil packing ulang untuk persiapan mendaki gunung esok harinya. Tenda untuk pendakian besok hari pun sudah naik sejak pagi dengan tujuan agar mendapatkan tempat camp yang nyaman karena pendakian kali ini kami akan membawa banyak peserta.

Sekitar pukul 19.00 WIB saat sedang beristirahat di base camp, porter yang membawa tenda kami dari atas baru saja turun dan memberikan informasi bahwa semua tenda telah selesai didirikan. Mereka  pun menginformasikan kepada tim bahwa di atas sedang terjadi kebakaran namun titiknya masih jauh dari jalur pendakian Selo yaitu berada 2 punggungan dari jalur Swanting. Mereka juga mengatakan jika api sudah sampai ke jalur Swanting maka pendakian Selo juga akan ditutup karena berjarak cukup dekat. Mereka  pun pergi dan mengatakan akan memberikan kabar selanjutnya kepada kami jika dari pihak Taman Nasional Gunung Merbabu sudah mengkonfirmasikan  , apakah jalur akan tetap dibuka atau bakal ditutup sementara.

Akhirnya sekitar pukul 20.00 WIB kami mendapatkan informasi dari porter bahwa jalur pendakian resmi ditutup sementara. Para porter pun bergegas naik keatas untuk menurunkan tenda. Setelah mendengar informasi tersebut kami pun berdiskusi untuk  mengubah destinasi gunung. Dalam diskusi tersebut  tercetus beberapa opsi destinasi penganti antara lain pendakian ke gunung Sumbing via Gajah Mungkur, pendakian ke gunung Sindoro via alang-alang Sewu atau kemping ceria di camp ground gunung Nganten. Pihak trekking organizer pun menghubungi kedua basecamp tersebut yaitu basecamp Gajah Mungkur dan alang-alang Sewu. Ternyata yang memungkinkan untuk membawa peserta dengan jumlah 50 orang adalah gunung Sumbing via Gajah Mungkur mengingat area camp juga cukup luas. Setelah semuanya sepakat, pihak trekking organizer sambil dalam perjalanan bersama peserta menginformasikan tentang adanya kebakaran yang terjadi di gunung Merbabu sehingga pendakian akan di alihkan ke gunung Sumbing via gajah mungkur. Para peserta pun sepakat untuk tetap melanjutkan pendakian.

Berikutnya pendakian pun terlaksana dengan lancar sesuai dengan rangkaian acara. Patut disyukuri, peristiwa kebakaran di gunung Merbabu ternyata tidak mematahkan semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan Forester FunHike 3.0. Kebetulan atau tidak, sungguh selaras dengan tema pendakian kami kali ini yakni memperingati Sumpah Pemuda.